Jumat, 23 Maret 2012

I praise my self



Ada pepatah yang bilang, hargailah orang lain seperti kita menghargai diri kita sendiri .
Tapi terkadang kita malah sibuk menghargai orang lain dan untuk menghargai diri sendiri malah di lupain ..
Terus kamu mungkin bertanya , gmn sih cara menghargai diri kita sendiri?
Nah disini ada tips cara menghargai diri kita sendiri :
  1. TAMPIL PANTAS DAN SOPAN
Ke orang lain : selalu berpakaian dan berdandan sebaikmungkin saat kita mau menemui seseorang atau hadir ke acara penting.
Ke diri sndiri : kapan pun dan di manapun kamu pergi , coba deh tampil sebaik mungkin saat di rumah. Soalnya dengan berpenampilan pantas, kita akan merasa nyaman dan percya diri . contoh lainnya kita juga gak berpakaian trashydan terlalu terbuka yg bikin diri kita di cap negative atau murahan,.
  1. ISTIRAHAT
Ke orang lain : saat bareng temen, kita pasti gak terus-terusan buat curhat ke mereka, karena kita tahu mereka bakal bosen dan juga capek. Atau menghargai waktu istirahat orang lain dengan nggak menelepon terlalu malem.
Ke diri sendiri : kasian kan badan-pikiran juga perasaan kamu yang harus terus-menerus stress saat lagi punya problem atau mengerjakan beragam kesibukan seharian? Nah, coba kamu kasih waktu buat diri kita sendiri untuk merasakan tenang bebas stres dan beristirahat dari segala beban yang mengganjal. Bukan berarti kabur dari masalah tapi Cuma break sebentar biar pikiran dan tubuh terasa lebih tenang dan fresh dan siap untuk melakukan aktivitas lagi ..
  1. PINTAR ‘JAGA MULUT”
Ke orang lain : kamu mungkin jarang banget atau bahkan nggak pernah memaki orang lain. Selain karena itu nggak sopan, kamu juga nggak mau menyinggung perasaan mereka .dan kata-kata yang kasar bisa sangat menyakiti dan mempengaruhi mereka .
ke diri sendiri : kita malah suka galak bahkan memaki diri kita sendiri .bilang “aku bodoh dan jelek banget” misalnya . aduuuh? Cepet stop deh kebiasaan buruk ini . kalau kita sendiri saja suka mengatai dan menganggap buruk diri sendiri, bagaimana orang lain nntinya ? saat kita kesal dengan kesalahan kita , alih-alih bilang diri kita bodoh , katakana bahwa kita butuh belajar lagi . :)
  1. BE ON TIME
Ke orang lain : ketika kita janjian sama orang lain , apalagi sama orang yang kamu hargai , brusaha buat tepat waktu deh ,
Soalnya bikin merka jadi bĂȘte dan kamu gak mau kan merugikan mereka dengan terlambatnya kamu ,
Ke diri sendiri : usahakan selalu tepat waktu juga untuk hal-hal yang menyangkut kepentingan diri sendiri. Misalnya tepat waktu buat makan, dan tepat waktu untuk bersiap ke sekolah (supaya kamu gak panic dan terlalu terburu-buru) dan tepot waktu untuk mengatur porsi belajar-gaul plus istirahat .
  1. NGGAK PELIT MEMUJI
Ke orang lain : kmu pasti sering memuji saat teman kita terlihat cantik, atau kagum sama kepintarannya ,
Ke diri sendiri: yap, yap! Kmu juga perlu bilang ,”aku terlihat cantik hari ini” waktu kita bercermin.atau bilang “ aku hebat karena nilai ulanganku bagus” walaupun terkesan nggak penting, tapi ini bisa jadi kita seneng dan jadi merasa kita super semngat lho? .hasilnya kita jadi semakin tergerak buat berusaha lebih baik lagi .
  1. FORGIVE AND FORGET
Ke orang lain : walaupun seseorang sudah melakukan kesalahan, dan kadang hal itu menyakitimu, tapi saat mereka minta maaf biasanya kamu akan memaafkan. Bisa jadi karena mereka memang penting buat kamu dan kamu nggak pengin kalian jadi musuhan, atau bisa juga karena kamu sadar mereka Cuma manusia biasa yang nggak luput dari kesalahan.
Ke diri sendiri : sama seperti mereka, kamu juga manusia biasa. Tapi yang nggak adil nih, kamu suka bersikap lebih keras dan lebih sulit memaafkan diri sendiri. Saat menyadari kamu sudah berbuat salah rasanya bisa lebih menyakitkan dibanding menerima kesalahan orang lain. Sekarang jangan gitu lagi deh. Kalau terus-terusan marah dan merasa bersalah akibat sesuatu yang pernah kita perbuat, kita juga bisa jadi musuhan dan membenci diri sendiri lho. Nggak mau,dong.
  1. KASIH KADO
Ke orang lain : ngasih kado ke orang-orang terdekat nggak Cuma saat mereka ulang tahun saja, kan?pas mereka berhasil melakukan sesuatu nggak jarang kita memberi mereka ucapan selamat disertai hadiah berbentuk barang atau pun perlakuan istimewa.
Ke diri sendiri : pernah member kado ke diri sendiri nggak? Maksudnya bukan mengirim bunga, lalu berlagak itu dari orang lain, lho! Hadiah nggak harus mahal dan ribet kok. Misalnya saat nilai ulangan kita bagus , traktir diri kita sendiri makan fro-yo sepuasnya.
  1. JADI PENDUKUNG SETIA
Ke orang lain : teman mu ada yang ikut olympiade matematika, kamu pun langsung menyiapkan segudang kata-kata penambah semangat plus menghibur dya seandainya dya gagal.
Ke diri sendiri : bukan Cuma orang lain kan yang punya mimpi , kita pasti punya. Siapin juga dong berbagai ramuan penyemangat buat diri sendiri. Dan saat kita gagal jangan menyerah dan putus asa . kalau perlu kamu bisa teriak sekeras-kerasnya “aku bisa!!!! Aku pasti bisa “.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar