Jumat, 23 Maret 2012

KISAH DI BALIK RASI BINTANG


ORION (Si Pemburu)

Si bintang belantik ini tampak paling jelas pada pukul 21:00 selama bulan januari. Orion paling mudah di kenali dia angkasa, antara lintang +850 dan -750. Dalam budaya jawa, deretan tiga bintang sabuk dan bintang pedang Orion , dianggap sebagai rasi Waluku atau Bintang Bajak. Dua rasi itu terletak di langit sebelah Barat sampai ke Timur, sebagai pertanda petani untuk membajak sawahnya.

Mitologinya :
kesombongan Orion sebagai pemburu terhebat di dunia didengar oleh Hera, istri Zeus, si raja para dewa. Hera lalu mengirim kalajengking yang menyengat Orion hingga tewas. Zeus yang tak menyangka tragedy seperti ini terjadi, menempatkan Orion di langit. Nggak ketinggalan , si kalajengking juga di kirim ke langit sebagai rasi scorpius. Uniknya, jika salah satu dari dua rasi bintangini terbit dari horizon rasi yang lain akan terbenam. Jadi, Orion dan Scorpius tak akan pernah bertemu.


URSA MAJOR 
 
Di bulan april, kita bisa melihat si Beruang Besar dengan Dubhe sebagai bintang tercerahnya. Rasi dengan lintang +900 dan -300 ini terlihat jelas pada pukul 21:00.

Mitologinya :

Sebagai rasi bintang paling nge-top, ternyata ceritanya berawal dari rasa sakit hati akibat perselingkuhan! Menurut mitologi yunani, zeus jatuh cinta pada callisto. Putrid raja Arcadia. Sumpah callisto untuk tetap menjaga keperawanannya sampai kapan pun, membuat zeus ingin mendapatkannya. Namun, begitu hera mengetahuiulah zeus, ia mengubah callisto menjadi seekor beruang! Zeus pun kemudian mengirim beruang itu ke langit sebagai rasi yang memiliki 6 bintang terang.

URSA MINOR

Si beruang kecil, dalam dunia maritime disebut dengan rasi bintang biduk atau bintang tujuh. Ia sering di pakai para pelaut sebagai penunjuk arah Utara. Ursa minor terbentuk dari tujuh bintang yang membentuk gayung air. Biasanya muncul antara lintang +900 dan -100, elama bulan juni. Pernah dengar nama Polaris?itulah sebutan untuk’ekor’ ursa minor yang sering juga disebut dengan north star atau bintang Utara yang paling cerah di antara dua bintang terang lainnya.

MITOLOGINYA:

Waktu arcas (putar zeus dan callisto)berumur 15 tahun, ia bertemu seekor beruang besar yang aneh saat sedang berburu di hutan. Beruang itu seperti memandanginya dalam-dalam. Ia tak tahu bahwa itu adalah jelmaan ibunya sendiri, callisto, yang diubah hera. Saat Arcas bersiap untuk membunuh si beruang besar dengan panah, zeus menghalanginya dan mengubah arcas menjadi beruang kecil untuk menemani sang bunda di langit.
HERCULES

Rasi bintangini mulai muncul dalam musim semi di bulan april. Hercules tampak paling jelas Selma bulan juli, di langit sebelah Utara. Ia lalu meredup di langit malam bulan oktober.
Mitologinya:

Hercules adalah putra zeus yang menikahi seorang wanita bumi bernama Acmene. Mengetahui ini , hera marah besar dan berusaha membunuh bayi Hercules dengan mengirim dua ekor monster ular ke dalam tempat tidurnya. Hebatnya, bayi Hercules berhasil membunuh monster-monster tersebut! Sebagai kesayangan para dewa, Hercules kemudian dikirim ke langit dan menjadi rasi bintang terbesar ke-5.
CASSIOPEIAE
Rasi bintang ini cukup mudah terlihat karena bentuknya mirip huruf “W”. terlihat sepanjang tahun di belahan bumi utara antara lintang +900 dan -200 dan tampak paling jelas pada pukul 21:00 selama bulan November.
Mitoginya :
Cassiopeiae melambangkan ratu legenda dari ethiiopia. Suatu hari, cassiopeiae sesumbar bahwa dia dan putrinya, Andromeda , jauh lebih cantik dari para peri laut. Dewa laut , Poseidon, merasa jengkel mendengar itu. Ia lalu mengirim monster laut bernama cetus untuk menghukum cassiopeiae. Cetus hamper saja memakan ratu, bila perseus tidak datang menyelamatkannya. Poseidon akhirnya menghukum sang ratu dengan mendudukkannya di atas sebuah kursi yang selalu berputar dan membuatnya terjungkir ke bawah, sepanjang setengah tahun lamanya. Bintang berbentu “W” itulah kursi cassiopeiae.


CANIS MAJOR

Rasi bintang yang terletak di sebelah tenggara rasi orion ini, muncul antara lintang lintang +600 dan-900. Masih ngat tokoh Sirius black yang bisa berubah menjadi anjing besar di serial Harry Potter? Ternyata dalam dunia rasi bintang , Sirius adalah bintang paling cerah dari ke-5 bintang terang Canis Major, yang juga terkenal dengan istilah “bintang anjing” letak Sirius cukup dekat dengan bumi (hanya 8,6 juta tahun cahaya), sehingga dapat dilihat hamper di semua tempat di permukaan bumi. Saat terbaik untuk dapat melihat Sirius adalah sekitar tanggal 1 januari, di mana dia mencapai meridian pada tengah malam.
Mitologinya :
Canis major mewakili sosok anjing mitologi yunani bernama laelaps , sebagai hadiah dewa zeus kepada dewi europa. Saking cepatnya canis major berlari, zeus pun mengirimkannya ke langit. Mitologi lain mengatakan bahwa canis major juga dianggap sebagai anjing pemburu orion yang membantunya melawan Taurus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar