Jumat, 23 Maret 2012

ANIES ALKURRATU AINI


ANIES

ALKURRATU AINI
DESAINER INTERIOR-PENDIRI PT.ATT DESAIGN


SIAPA DIA? ..
Perempuan yang akrab dipanggil ‘mbak anies’ ini adalah salah satu desainer interior terkemuka di Indonesia. Pendidikan yang dia tempuh pun nggak main-main. Setelah lulus Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung, dia melanjutkan ke jurusan Seni University of Texas, Amerka Serikat. Mbak Anies pun semakin mantap menekuni bidang ini. Proyek pertamanya adalah mendesain furniture untuk hotel Le Meridien di Paris, Perancis ketika dia bekerja untuk PT. Atelier 6.
Dengan kegigihannya mencari klien, perempuan berusia 35 tahun ini kemudian sukses mendirikan PT. ATT Desaign. Perusahaannya ini telah menangani berbagai klien besar di antaranyanya Pertamina, PT Asuransi Bumiputera, Spa Massage Parloue Cempaka Mas, serta rumah tinggal, town house, hingga apartemen dan penthouse,
Kesuksesannya di bidang interior pula yang akhirnya membuatnya dipercaya menjadi Ketua Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) Jakarta tahun 2007-2009 dan presenter untuk acara “Home and Life Style” di Metro TV.

KATA DIA:
“Aku sangat mencintai pekerjaan ini . bagiku, stiap proyek adalah sesuatu yang menarik dan unik. Nggak ada istilah masterpiece, semua karya aku buat dengan sepenuh hati dan itulah yang menjadikannya unik. Aku suka semua hal dari pekerjaan ini, menciptakan desain sesuai keinginan klien dengan konsep menarik.
Selain itu, profesi ini membutuhkan kerja tim, karena kita harus bekerja sama dengan orang-orang dari ilmu lain seperti arsitetur, landscape,desainer lampu, tenik sipil, teknik mekanikal elektrikal, sampai ahli kesehatan. Jadi, setiap hari kita belajar sesuatu hal yang baru. Karena pekerjaan ini memakan waktu yang lama, aku sangat menikmati setiap saatnya mulai dari mendengarkan keinginan klien, merancang desain, memilih furniture yang sesuai, sampai melihat klien puas dengan hasil desainku.
Sayangnya, yang kurang menyenangkan adalah profesi ini masih sering dilecehkan dan kurang dihargai. Banyak yang menganggap desain interior itu hal yang sepele dan nggak sepenting arsitektur. Padahal, tanpa kita sadari , semua ruang kehidupan kita sebenarnya berhubungan dengan bidang desain interior untuk membuatnya nggak hanya terlihat indah tapi juga nyaman. Makanya sebagai desainer interior, aku punya tanggung jawab untuk lebih member pemahaman sama orang-orang tentang profesi ini.”

KAMU JUGA BISA!
BELAJAR DI SINI:
  • Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung
  • Fakultas Seni Rupa Institut Kesenian Jakarta
  • Jurusan Desain Interior Universitas Trisakti
  • Jurusan Desain Interior Universitas Petra Surabaya

Serunya belajar di jurusan Desain Interir:
Kita bisa belajar banyak tentang material dan bahan-bahan, efek psikologis dari warna dan tata lampu, komposisi ruangan, dan bentuk furniture yang lucu-lucu. Serunya lagi, kita juga bebas berkreasi untuk desain proyek yang berbeda-beda setiap semesternya.

1 komentar: